Cara sehat menurunkan berat badan dengan alami


Cara sehat menurunkan berat badan dengan alami

cara sehat menurunkan berat badan dengan alami – Banyak orang yang mengalami masalah atau kesusahan untuk menurunkan berat badan. Sehingga banyak orang-orang bahkan perusahaan berbondong-bondong memproduksi obat diet.

Namun Tahukah anda? bahwa obat diet tersebut itu bukanlah obat atau cara yang paling tepat untuk menurunkan berat badan. Malahan obat diet tersebut membuat metabolisme tubuh menurun.

Apabila metabolisme tubuh seseorang menurun maka akan semakin sulit seseorang untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga :

Cara Menurunkan Berat Badan

Trik Menurunkan Berat Badan Paling Ampuh

Trik Menurunkan Berat Badan Paling Ampuh

Maka dari itu sebelum kita membahas mengenai trik ampuh menurunkan berat badan maka kita baiknya mengenal dulu tentang metabolisme tubuh.

Menurunkan Berat Badan Dengan Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Sebab hal yang paling penting untuk bisa menurunkan berat badan yaitu dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh. Lalu apa metabolisme tubuh itu?

Metabolisme tubuh merupakan proses yang dilakukan tubuh untuk memproses pemecahan zat-zat gizi pada tubuh untuk bisa menghasilkan energi atau biasa yang disebut pembentukan struktur tubuh.

Zat-zat gizi tersebut yaitu antara lain:

  • karbohidrat
  • Lemak
  • Vitamin
  • Protein
  • Mineral

Dan perlu diketahui bahwa tingkatan metabolisme itu dipengaruhi oleh beberapa hal seperti:

  • jenis kelamin
  • usia
  • kadar hormon
  • berat badan
  • aktivitas tubuh
  • genetik.

Dan juga semakin cepat metabolisme tubuh maka semakin banyak kalori yang dibakar maka menurunkan berat badan menjadi mudah.

Lalu setelah anda mengetahui tentang metabolisme tubuh, bagaiamana caranya supaya kita bisa menurunkan berat badan? maka dari itu untuk menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Untuk Menurunkan Berat Badan

Untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga berat badan menurun yaitu anda bisa melakukan hal berikut ini:

1. Istirahat Cukup

Bilamana anda doyan begadang atau kurang tidur maka hal itu bisa menurunkan metabolisme tubuh sehingga kadar hormon ghrelin dan kortisol meningkat lalu mengakibatkan nafsu makan menjadi meningkat bahkan penyimpanan lemak dalam tubuh.

2. Mengkonsumsi makanan berkalsium

Kalsium juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga berat badan menjadi turun. Karena kalsium itu sangat penting untuk mengatur metabolisme lemak. Hal lain juga dikatakan oleh Universitas Tennesse yang melakukan riset. Mereka mengatakan bahwa diet tinggi kalsium selain bisa mencegah osteoporosis juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga banyak lemak bisa terbakar.

3. Mengkonsumsi Makanan Pedas

Nah dan perlu diketahui bahwa dengan cara mengkonsumsi makanan pedas juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Karena menurut Journal of Nutritional Science and Vitaminology metabolisme tubuh bisa meningkat hingga 23% setelah mengkonsumsi makanan yang pedas. Rasa pedas yang lebih baik didapatkan dari cabai segar yang mengandung capsinoid karena mampu meningkatkan energi hingga 50 kalori dalam 1 hari.

4. Melakukan Sarapan

Sarapan merupakan hal yang sangat penting karena dengan melakukan sarapapa bisa memberikan sinyal kepada otak bahwa anda itu merasa kenyang. Hal yang lebih baik sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, tinggi protein. Seperti Oatmeal dan telur.

5. Melakukan Olahraga

Untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bisa membantu menurunkan berat badan yaitu dengan cara melakukan olahraga. Olahraga yang baik yaitu olahraga yang dilakukan secara rutin, misalnya dilakukan selama 30 menit dalam 2 sampai 3 minggu. Seperti areobik, berenang, bersepeda, dan lainnya.

6. Banyak meminum air putih

Meningkatkan metabolisme tubuh untuk menurunkan berat badan lainnya dengan cara rajin atau rutin atau banyak minum air putih. Minimalnya minum air putih yaitu 10 gelas dalam 1 hari. Karena hal ini bisa membakar lemak sekitar 2%.

7. Minum kopi atau teh

Selain meminum air putih, teh dan kopi juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal itu dibuktikan oleh Journal of Physiology & Behavior mengenai rata-rata tingkat metabolisme tubuh seseorang mengkonsumsi kafein naik sekitar 15% dibandingkan yang tidak mengkonsumsi kafein. Namun perlu diketahui jangan terlalu banyak meminum teh dan kopi, baiknya meminum 1 gelas / hari.

8. Makan dengan cara teratur

Ketika kita melakukan diet, janganlah berlebihan karena akan mengakibatkan kondisi tubuh menjadi starvation mode, kondisi ini menjadikan respons tubuh terhadap asupan rendah kalori dalam waktu yang lama, sehingga mengakibatkan kehilangan otot lalu metabolisme tubuh menurun.

Demikian artikel mengenai Trik Menurunkan Berat Badan Paling Ampuh, semoga bermanfaat.

Lihat Juga :
Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Adalah Jeruk Nipis | Jadi Sehat | 4.5