Sakit Menelan Saat Minum & Makan. Kenapa Sebabnya & Solusinya ?


Advertisement
loading...

Sakit Menelan Saat Minum & Makan. Kenapa Sebabnya & Solusinya ?

Sakit Menelan Saat Minum & Makan. Kenapa Sebabnya & Solusinya ?. pasti kalian pernah merasakan akan Kesulitan untuk menelan makanan atau minuman yang kalian konsumsi seperti yang Anda alami tersebut ada kemungkinan mengarah pada disfagia yang anda hadapi , yang mana kondisi di  proses penyaluran makanan dari mulut ke lambung tersebut membutuhkan usaha yang lebih besar dan waktu lebih lama yang di butuhkan dibandingkan dengan kondisi normal pada biasanya. Akibatnya aialah dapat timbul gejala tertentu yang di rasakan seperti nyeri ulu hati, makanan terasa seperti tersangkut di tenggorokan atau dada anda, nyeri saat menelan, tersedak atau batuk saat makan/minum, makanan yang sudah ditelan keluar kembali di muntahkan, naiknya asam lambung ke tenggorokan ataupun suara serak yang sakit.

Berikut Berbagai faktor yang dapat menyebabkan disfagia dan menimbulkan sakit yang anda alami antara lain:

  • Terjadinya Kelainan pada sistem saraf yang bertugas mengontrol proses menelan (pada penyakit Parkinson, stroke, demensia, multiple sclerosis, tumor otak)
  • Gangguan kerja otot-otot yang mendorong makan akan kerjanya (pada akalasia, scleroderma)
  • Akibat Masalah pada sistem pernafasan (penyakit paru obstruktif kronik)
  • Terjadinya Komplikasi akibat cedera kepala atau leher
  • Bisa jadi Kondisi bawaan
  • Bisa terjadinya Adanya penyempitan atau hambatan pada esofagus/kerongkongan (misalnya akibat penyakit asam lambung, penyakit kantong esofagus, esofagitis, kanker mulut dan tenggorokan)

 

Baca Juga :

Dan apabila keluhan sakit terus berlanjut maka tidak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat ditelusuri penyebabnya anda mengalami sakit tersebut, baik dengan pemeriksaan fisik maupun tes penunjang jika diperlukan seperti (seperti X-Ray, endoskopi). aUntuk dari itu maka penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya yang bisa kalian lakukan di rumah.

Berikut Sementara ini  anjuran yang dapat Anda lakukan:

  1. Dengan Perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter sehari
  2. Di sarankan Pilih jenis makanan yang lunak dan mudah dicerna
  3. Cobalah untuk Siapkan makanan dalam potongan-potongan yang kecil agar lebih mudah untuk ditelan
  4. Hindari konsumsi makanan yang berminyak, pedas, asam, atau menimbulkan gas
  5. Makan dengan porsi-porsi kecil namun sering (5-6 kali sehari)

Itulah Penyebab dan solusi yang dapat kalian lakukan dengan mudah. dan jika sakit tersebut terus berkelanjutan di sarankan di periksakan pada doktor spesalias yang anda percayai.

Lihat Juga :
Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Adalah Jeruk Nipis | Hiban Amrulloh | 4.5