Cara Pertolongan Pertama Jika Terkena Hewan Berbisa atau Beracun


Cara Pertolongan Pertama Jika Terkena Hewan Berbisa atau Beracun

Cara Pertolongan Pertama Jika Terkena Hewan Berbisa atau Beracun – Banyak sekali kepanikan yang disebabkan sengatan hewan berbisa yang membuat kita tak karuan dalam mengatasinya maka dari itu banyak sekali kita mendengar banyak orang yang meninggal dunia disebabkan karena gigitan ular yang berbisa, lipan, di sengat kalajengking bisa juga infeksi disebabkan tertusuk paku yang berkarat yang bisa mengakibatkan infeksi yang parah. akantetapi dominan di antara kita tidak mengetahui bagaimana cara mengatasi atau pengobatan pertama terhadap korban yang terkena sengatan atau benda karatan.

PENTING SEKALI, ANDA WAJIB TAU !!

Dari ketidak-tahuan itulah yang dapat menyebabkan banyak korban berjatuhan meninggal dunia dengan sia-sia disebabkan “bisa atau racun”  tersebut secara cepat menyebar ke dalam darah tubuh si korban yang berujung kematian.

Cara mengatasi jika terkena hewan berbisa atau beracun

mengatasi sengatan hewan berbisa

Baca Juga :

Harus di ingat, Dari  pertolongan pertama yang kita berikan bisa menyelamatkan nyawa seseorang yang kita sayangi, maka dari itu kalian wajib mengetahui bagaimana cara pengobatan yang tepat atau pertolongan pertama yang musti kalian lakukan apabila kalian yang mengalami musibah tersebut dan cara mengatasinya.

Berikut adalah langkah yang harus kalian lakukan jika tersengat bisa atau racun :

  • Langkah pertama sediakan minyak makan satu sendok makan saja
  • lalu Sediakan kain perca atau robek kain yang ada atau baju sudah tidak layak pakai bisa kalian sobek yang berbahan dari benang (kapas) ukuran 10×10 cm.
  • Jangan mengunakan dari bahan nilon atau katun
  • siapkan satu buah geretan/korek api/mancis apa saja yang tersedia .
  • Gulung kain perca dengan telapak tangan, kemudian celupkan satu bagian (ujungnya) kedalam minyak makan! langkah selanjutnya bakar bagian yang basah tersebut oleh minyak makan yang telah kalian persiapkan.
  • Tunggu beberapa detik sampai si api tersebut menyala dan cambukan secara perlahan pada bagian yang terkena gigitan atau yang luka oleh besi paku tersebut ! Dari Banyak cambukan di berikan antara 8 – 10 kali cambukan, ingat jangan lebih dari 10 kali cambukan! apabila kalian melebihinya akan menyebabkan luka bakar pada kulit yang dicambuk tersebut.
  • Jika terkena anak kalian yang masih  berumur 2-5 tahun, cukup mencambuknya 5 kali saja dalam prosesnya. Untuk kalian yang menolong korban Hilangkan rasa kasihan kalian terhadap korban pada saat kalian mencambuk bagian yang luka tersebut, disebabkan rasanya sangat sakit dan perih yang di alami si korban.
  • Namun atas izin allah insyaAllah Racun akan hilang seketika dan tidak akan menyebar kedalam darah atau tubuh korban yang mengalaminya.

lalu jika seusai pertolongan pertama dilakukan, alangkah baiknya korban tersebut segera mungkin di periksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat di daerah kalian untuk dilakukan penanganan dan pengobatan lebih lanjut agar tidak terjadi hal yang tidak di harapkan.

Untuk itu Ingatlah dan sebarkan cara pengobatan tersebut kepada semua orang yang belum mengetahuinya, karena sewaktu-waktu ini akan sangat bermanfaat sekali untuk kalian dan para pembaca lainya dan dapat menyelamatkan banyak nyawa manusia yang kalian selamatkan. Selamat Mencoba 🙂

Demikian artikel mengenai Cara Pertolongan Pertama Jika Terkena Hewan Berbisa atau Beracun, semoga bermanfaat.

Lihat Juga :
Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Adalah Jeruk Nipis | Hiban Amrulloh | 4.5