Penyakit Hemorrohid Ditimbulkan Dari BAB Yang Tidak Benar


Penyakit Hemorrohid Ditimbulkan Dari BAB Yang Tidak Benar

Penyakit Hemorrohid Ditimbulkan Dari BAB Yang Tidak Benar – Dimasa ini masa dimana tekhnologi semakin canggih, banyak orang lebih memilih menggunakan toilet duduk dibandingkan toilet jongkok. Dan inilah beberapa sebab timbulnya penyakit wasir atau penyakit hemorrohid.

Berlama-lama duduk di toilet sambil membaca surat kabar pagi hari bukan lagi perkara kebiasaan yang aneh untuk dilakukan. Seperti halnya kebiasaan lain, kebiasaan membaca dalam toilet juga memiliki dampak yang tidak baik, terutama untuk kesehatan.

Banyak di antara Anda yang telah mengetahui kaitan antara kebiasaan mengejan dengan pembentukan penyakit hemorrhoid atau wasir. Namun tahukah Anda bahwa postur tubuh saat di toilet ternyata juga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi?

Baca Juga :

Timbulnya Penyakit Wasir Akibat BAB Yang Salah

Lakukan Cara Bab Yang Benar Sebelum Terjadi Penyakit Hemorrhoid

Hemorrhoid atau wasir adalah pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Kondisi penyakit seperti ini tergolong jarang ditemukan di sebagian besar wilayah Asia, Timur Tengah dan Afrika.

Baca juga: Cara Cepat Menyembuhkan Penyakit Wasir Dengan Mudah

Namun sebaliknya, kondisi ini sering ditemukan di negara-negara Barat. Di Amerika dan Eropa, sekitar setengah dari populasi penduduk nya akan mengalami hemorrhoid sebelum mencapai usia 50 tahun.

Banyak peneliti yang berpendapat bahwa rendahnya insiden penyakit hemorrhoid atau wasir di negara-negara berkembang adalah beerkaitan dengan konsumsi bahan makanan yang tinggi akan serat.

Akan tetapi hal ini masih belum dapat dibuktikan melalui penelitian, mengetahui beragamnya bahan makanan yang tersedia saat ini, dari segi jenis jenis dan jumlah konsumsinya tidak selalu sama.

Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata perbedaan penyakit hemorrhoid di kedua negara beda benua tersebut terjadi bukan tanpa alasan, yaitu terkait dengan penggunaan toilet duduk.

Pada toilet duduk, penggunanya akan dipaksa mengejan untuk mendorong gerakan usus. Kebiasaan mengejan dapat meningkatkan tekanan dalam perut dan merupakan salah satu faktor yang mendasari terbentuknya hemorrhoid.

Penilitian ini secara tidak langsung telah menjelaskan mengapa penyakit hemorrhoid hampir tidak pernah ditemukan pada populasi Asia, Afrika, dan Timur Tengah, di mana kebanyakan dari para penduduknya masih menggunakan toilet jongkok untuk buang hajat. Studi yang dilakukan oleh Dr. B. A. Sikirov pada tahun 1987 telah membuktikan kebenaran hipotesa ini.

Dapat disimpulkan bahwa hemorrhoid adalah sebuah hasil dari proses iritasi yang berkesinambungan akibat kebiasaan mengejan berlebihan dalam posisi duduk. Dengan kata lain, kebiasaan duduk yang terlalu lama dalam toilet merupakan salah satu faktor dalam pembentukan hemorrhoid yang tidak boleh dianggap remeh.

Fakta lain nya, seorang penulis Jerman telah mengguncang negaranya dengan teori barunya tentang bagaimana cara buang air besar yang baik untuk kesehatan anus dan tidak beresiko penyakit kemorrhoid. Kita semua sepertinya harus mulai belajar lagi tentang bagaimana cara buang air besar yang baik dari awal. Jika Anda baru saja keluar dari toilet, Anda kemungkinan besar melakukan buang air besar dengan cara yang salah.

Baca juga: Berbagai Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Menurut Giula Enders, seorang penulis yang ahli tentang BAB, kloset duduk jaman kini yang merupakan sarana standar di rumah kita ternyata tidak baik untuk kesehatan perut kita. Buku yang ditulis Enders berjudul Darm mit Charme, yang diterjemahkan menjadi Perut yang Menawan, telah terjual sebanyak 200.000 eksemplar di negara asalnya. Dalam bukunya pembaca disuguhkan deskripsi dan gambaran bagaimana seharusnya cara BAB yang benar dan sehat.

Berbagai penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa BAB akan lebih efisien jika kita dalam posisi jongkok. BAB dengan cara duduk akan membuat waktu BAB lebih lama dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti wasir dan gangguan usus. Inilah sebabnya mengapa penyakit pencernaan seperti diversikular lebih banyak diderita orang Eropa daripada orang Asia.

Ternyata mekanisme penutupan usus mirip seperti rumah tertekuk, yang tidak dirancang untuk membuka sepenuhnya saat kita duduk atau berdiri.

Melakukan BAB dengan cara jongkok, ternyata merupakan posisi alami yang bagus dan sehat yang akan mengurangi tekanan pada bokong. Ender menjelaskan bahwa 1,2 milyar orang diseluruh dunia yang melakukan BAB jongkok hidup lebih sehat karena hampir tidak memiliki riwayat penyakit pencernaan diversikular dan lebih sedikit menderita wasir.

Orang-orang barat dan penduduk perkotaan di Asia ternyata harus memeras jaringan usus lebih kuat karena melakukan BAB dengan cara duduk. Bagi yang terlanjur memiliki kloset duduk, menempatkan bangku kecil agar bisa jongkok mungkin bisa membantu, tapi intinya adalah; demi kesehatan, kita harus belajar lagi cara BAB yang benar.

Demikian artikel mengenai Penyakit Hemorrohid Ditimbulkan Dari BAB Yang Tidak Benar, semoga bermanfaat.

Lihat Juga :
Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Adalah Jeruk Nipis | Hiban Amrulloh | 4.5