8 Cara Mengusir Nyamuk Dengan Alami


Advertisement
loading...

8 Cara Mengusir Nyamuk Dengan Alami

8 Cara Mengusir Nyamuk Dengan Alami – Anda butuh cara mengusir nyamuk yang cepat dan aman? Nyamuk merupakan salah satu hewan yang menjadi musuh manusia karena kebiasaannya yang suka menggigit. Namun tak hanya manusia saja yang digigit, melainkan hewan pun juga sering menjadi mangsanya. Di dunia, nyamuk terdiri dari berbagai macam jenis. Secara umum terdiri dari 35 genera yang terdiri atas 2700 spesies. Tiap spesies pasti memiliki ciri khas tersendiri. Misalkan spesies yang paling sering dijumpai di Indonesia yakni nyamuk Aedes aegypti. Spesies ini memiliki ciri yakni adanya belang hitam—putih di tubuhnya, berkembang biak di air yang jernih, serta menjadi perantara penyakit demam berdarah.

Selain itu, terdapat juga nyamuk Anopheles yang merupakan perantara dari penyakit malaria yang memiliki ciri yakni apabila menggigit mangsanya dalam posisi yang menungging, suka berkembang biak dan hidup di lingkungan yang kotor (meskipun ada beberapa spesies Anopheles yang suka hidup dan berkembang biak di air yang jernih).

Dalam proses menggigit mangsanya, hanya nyamuk betina lah yang menjalankan tugas ini. Mengapa? Karena nyamuk betina memerlukan darah untuk proses berkembangnya telur. Oleh karena itu, nyamuk betina memiliki probosis yang digunakan untuk menembus kulit mangsanya dan menghisap darah.

Baca Juga :

Setelah anda digigit nyamuk, sering merasa gatal itu adalah hal yang wajar. Mengapa? Karena setelah nyamuk mengambil darah mangsanya, air liur nyamuk akan tertinggal dan akan dikenali tubuh sebagai benda asing sehingga tubuh secara alamiah akan memunculkan reaksi alergi dengan manifestasi berupa gatal atau bentol.

Bagaimana nyamuk bisa mengenali mangsanya secara akurat? Nyamuk memiliki kemampuan untuk mengenali mangsanya melalui gerakan, panas tubuh serta bau atau aroma tubuh. Hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Berdasarkan golongan darah. Bagi anda yang bergolongan darah O harus berhati-hati terhadap gigitan nyamuk, pasalnya nyamuk lebih menyukai golongan darah O dibandingkan dengan golongan darah lainnya.
  • Karbondioksida. Karbondioksida merupakan salah satu zat yang berasal dari sisa metabolisme tubuh. Nyamuk memiliki daya untuk mengetahui mangsa yang memiliki kadar karbondioksida yang banyak. Anda patut berhati-hati khususnya yang saat ini sedang hamil karena ibu hamil mampu menghasilkan gas karbondioksida yang lebih banyak dibandingkan manusia normal.
  • Keringat. Keringan merupakan cairan yang berasal dari sisa metabolism tubuh yang dikeluarkan melalui pori-pori tubuh. Keringat mengandung berbagai jenis zat lactic acid, uric acid, serta ammonia. Nyamuk mampu mengenali zat-zat tersebut sehingga bagi anda yang gemar melakukan aktivitas fisik dan sering mengeluarkan keringat, tidak kaget kalau nyamuk sangat senang kepada anda.
  • Alcohol. Apabila anda peminum alcohol, maka jangan kaget kalau anda merupakan mangsa yang empuk bagi nyamuk, karena kandungan dan aroma etanol pada alcohol mampu menjadi magnet bagi nyamuk untuk mendekat kepada anda.

Cara Mengusir Nyamuk Dengan Sekejap Menggunakan 8 Bahan Alami

8 Cara Mengusir Nyamuk Dengan Alami

Gambar Nyamuk / Foto: Skeeze/pixabaycom

Paparan di atas merupakan alasan mengapa anda bisa menjadi sasaran yang empuk bagi nyamuk.  Mayoritas orang merasa risih apabila sering digigit nyamuk. Banyak pula cara yang telah dilakukan untuk mengusir keberadaan nyamuk, baik itu dengan menggunakan lotion, raket nyamuk dan lain sebagainya. Namun perlu anda ketahui bahwa terdapat beberapa bahan alami yang mampu menjadi cara mengusir nyamuk secara signifikan. Beberapa bahan alami itu yakni sebagai berikut.

#1 Serai

Serai merupakan salah satu bumbu dapur yang biasanya digunakan sebagai bumbu atau campuran bumbu. Biasanya masakan yang menggunakan serai adalah rawon, soto, kare, dan lain sebagainya. Meskipun serai menjadi salah satu bahan yang sangat bermanfaat bagi manusia, namun hal ini tidak berlaku bagi nyamuk. Diketahui, serai mengandung zat sironelal yang sangat berbahaya bagi nyamuk.

Cara menggunakan serai sebagai bahan untuk mengusir nyamuk juga cukup mudah. Letakkan serai pada tempat-tempat yang biasanya menjadi sarang nyamuk atau anda juga bisa menghaluskan serai tersebut dan dicampur dengan air yang bisa anda gunakan sebagai cairan pel.

#2 Kemangi

Kemangi merupakan salah satu tumbuhan yang biasanya digunakan sebagai pelengkap dalam makanan anda. Bisa juga menjadi lalapan atau bisa dicampurkan ke olahan makanan anda. Kemangi menghasilkan bau wangi yang juga dipercaya untuk menghilangkan bau badan. Anda juga bisa menggunakan kemangi ini dalam bentuk spray atau bahan semprot sebagai caramengusir nyamuk.

Caranya anda bisa merebus terlebuh dahulu lalu campur air rebusan kemangi dengan cuka atau alcohol dan anda langsung bisa menggunakannya. Pastikan mata anda tidak terkena cairan ini.

#3 Daun Sirih

Sejak zaman dahulu, daun sirih dipercaya sebagai tumbuhan yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit, misalnya keputihan. Dengan zat antiseptic yang dimilikinya, daun sirih mampu mengusir bakteri jahat dalam organ reproduksi wanita. Selain itu daun sirih juga mampu menghilangkan bau mulut anda dan dapat digunakan sebagai lotion anti nyamuk.

Cara mengolah daun sirih menjadi cairan lotion anti nyamuk yakni dengan merebus daun sirih sebanyak 10 lembar dengan segelas air. Lalu hasil rebusan bisa anda gunakan untuk mengolesi bagian tubuh anda yang sering digigit nyamuk. Anda bisa menggunakan cairan lotion ini sebagai pengganti lotion kimia yang terkadang orang sering mengalami reaksi alergi terhadap lotion kimia tersebut.

#4 Kulit Jeruk

Kulit jeruk masih dianggap sebagai barang yang tidak berguna. Namun anda bisa menggunakan kulit jeruk sebagai salah satu bahan yang bisa menjadi cara mengusir nyamuk. Caranya yakni dengan mengeringkan kulit jeruk tersebut dan setelah kering bisa anda letakkan di lokasi-lokasi yang sekiranya menjadi sarang nyamuk.

#5 Minyak Kayu Putih

Selain digunakan sebagai minyak untuk mengurangi gejala masuk angin dan gatal-gatal, anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih ini sebagai bahan untuk mengusir nyamuk.

Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan minyak kayu putih ini yakni cukup menyemprotkan minyak kayu putih di lokasi yang menjadi sarang nyamuk, namun apabila ingin hemat, anda juga bisa mencampur minyak kayu putih tersebut dengan air asalkan aroma minyak kayu putihnya tidak hilang.

#6 Kapur Bagus

Kapur barus merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan sebagai pengharum pakaian di lemari. Selain itu kapur barus ini menjadi salah satu cara mengusir nyamuk. Caranya yakni dengan menghaluskan kapur barus tersebut dan dicampur dengan air lalu letakkan di ruangan yang sering menjadi sarang nyamuk.

#7 Lilin Aroma Terapi

Bukan hanya digunakan agar tubuh merasa rileks, namun lilin aroma terapi juga mampu menjadi bahan untuk mengusir nyamuk. Anda bisa memilih berbagai jenis wangi-wangian dari lilin aroma terapi, namun salah satu yang paling ampuh yakni lilin aroma terapi dengan wangi bunga lavender.

#8 Bawang Daun

Bawang daun selain digunakan sebagai campuran masakan, bisa juga digunakan sebagai cara mengusir nyamuk. Aroma yang dikeluarkan oleh bawang daun membuat nyamuk menjadi enggan untuk mendekati rumah anda. Anda bisa menanam bawang daun ini di pot kecil dan meletakkan di ruangan yang sekiranya menjadi sarang nyamuk di rumah anda.

Berikut telah disebutkan bahan-bahan alami yang bisa anda gunakan sebagai cara untuk mengusir nyamuk. Barang-barang tersebut kemungkinan besar mudah anda temui dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian artikel mengenai 8 Cara Mengusir Nyamuk Dengan Alami Semoga informasi yang telah dibagikan bisa bermanfaat bagi anda.

Lihat Juga :
Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Adalah Jeruk Nipis | Jadi Sehat | 4.5