Mendeteksi Gejala Awal Demam Berdarah Pada Anak


Advertisement
loading...

Mendeteksi Gejala Awal Demam Berdarah Pada Anak

DBD atau demam berdarah dengue adalah virus yang disebabkan oleh virus dengue, yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegipty atau Aedes albopicus berkelamin betina. Ciri-ciri fisik nyamuk yang menyebabkan penyakit ini adalah kaki yang berwana belang hitam putih dan mengigit pada waktu siang hari.

Virus DBD terdiri dari 4 jenis, yaitu tipe 1, 2, 3, dan 4.
Tipe yang biasa menjangkit anak-anak di Indonesia adalah tipe ke-3. Virus DBD menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kaliper dan sistem pembekuan darah sehingga menyebabkan pendarahan, dan beresiko kematian.

Penyakit demam berdarah biasanya sering terjadi saat penggantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan ataupun sebaliknya.
Secara umum, orang yang terjangkit penyakit ini memiliki tanda-tanda seperti pusing, panas tinggi, yang terparah yaitu muntah darah.
Akan tetapi, gejala penyakit DBD ini memiliki gejala yang sama dengan penyakit lain, sehingga sering terjadi salah diagonis.Mendeteksi Gejala Awal Demam Berdarah Pada Anak

Baca Juga :

Tanda-tanda Anak jika terjangkit demam berdarah

Berikut ini tanda-tanda Anak jika terjangkit demam berdarah :

1. Adanya bintik-bintik merah disekitar kulit tangan dan kaki, apabila direntangkang bintik merah itu tidak hilang.
2. Suhu badan meningkat drastis selama 2 – 7 hari dengan suhu antara 38ºC samapi 40ºC atau lebih, disertai dengan badan yang lemah lesu.
3. Terjadi pendarahan di hidung (mimisan)
4. Muntah darah atau muntah berak. Gejala ini sangat jarang terjadi.
5. Nyeri ulu hati karena adanya pendarahan di lambung.
6. Bila sudah memasuki fase yang parah, penderita menjadi gelisah serta, ujung tangan dan kaki mengeluarkan keringan dingin.

Pertolongan Pertama Apabila Anak Anda Terjangkit Demam Berdarah

– Berikan minum sebanyak mungkin.
– Kompres untuk menurunkan suhu tubuh.
– Berikan oabt penurun panas.
– Segera bawa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat apabila demam tidak turun atau bertambah panas dalam janga waktu 3 hari.

Itulah Mendeteksi Gejala Awal Demam Berdarah Pada Anak yang harus kalian ketahui agar dapat mendeteksinya sedini mungkin agar tidak terjadi musibah yang tidak ingin kita harapkan pada buah hati kita. Alangkah baiknya jika info ini disebarkan ke banyak orang sebagai tanda kepedulian kita terhadap seksama Semoga Bermanfaat 🙂

Lihat Juga :
Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Adalah Jeruk Nipis | Hiban Amrulloh | 4.5