Manfaat Besar Terdapat Pada Gerakan Sholat Untuk Kesehatan


Manfaat Besar Terdapat Pada Gerakan Sholat Untuk Kesehatan

Sholat merupakan kewajiban umat Islam yang harus dipenuhi. Sholat merupakan rukun Islam yang ke 2. Sholat merupakan cara kita untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT yang Maha Suci.

Sholat sangat berpengaruh terhadap kesehatan, lalu apa saja hubungan sholat dengan kesehatan? Jadi Sehat akan memberikan atau mengungkap manfaat Sholat Untuk Kesehatan.

Tahukah anda bahwa ternyata semua gerakan sholat ada manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan, jadi bukan hanya sekedar mendapatkan pahala dengan sholat tapi kita juga mendapatkan Manfaat dari setiap gerakan-gerakan sholat itu sendiri.

Baca Juga :

Sholat merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Menurut syariat Islam, praktik Sholat harus sesuai dengan segala petunjuk tata cara Nabi Muhammad SAW, sebagai figur yang harus dicontoh dalam melakukan segalah hal salah satunya menuruti perintah Allah SWT. Umat muslim diperintahkan untuk mendirikan salat, karena Sholat adalah tiang nya Agama, Sholat menurut Surah Al-‘Ankabut dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar.

“…dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar, dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain).”—Al-‘Ankabut 29:45

Setiap gerakan sholat yang dicontohkan Rasulullah SAW mengandung makna dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Manfaat Besar Meminum Air Putih Bagi Tubuh Kalian

INILAH MANFAAT SHOLAT UNTUK KESEHATAN

Syaratnya, semua gerak tersebut dilakukan dengan benar, tuma’ninah serta istiqamah (konsisten dilakukan).

Makna bacaan shalat yang sangat luar biasa, termasuk juga aspek “olah rohani” yang dapat menghasilkan ketenangan jiwa, atau “jalinan komunikasi” antara hamba dengan Tuhannya, secara fisik shalat pun mengandung banyak manfaat dan keajaiban :

manfaat melakukan sholat

1. SAAT TAKBIRATUL IHRAM

“Rasulullah SAW mengangkat kedua tangannya ke atas hingga sejajar dengan bahu-bahunya” (HR Bukhari dari Abdullah bin Umar). Takbir ini dilakukan ketika hendak rukuk, dan ketika bangkit dari rukuk.

Gerakan ini ternyata bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening (limfe), dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga peredaran aliran darah yang kaya akan oksigen menjadi lancar.

Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap  gerakan Sholat ini menghindarkan tubuh dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Beliau pun (Rasulullah SAW) mengangkat kedua tangannya ketika sujud. Apa makna dan manfaatnya? Pada saat kita mengangkat tangan sejajar bahu, maka secara tidak langsung kita membuka bagian dada, gerakan Sholat yang satu ini bermanfaat untuk memberikan aliran darah dari pembuluh balik yang terdapat di lengan untuk dialirkan ke bagian otak pengatur keseimbangan tubuh, membuka mata dan telinga kita, sehingga keseimbangan tubuh terjaga .

2. SAAT RUKU’

“Ruku” lah dengan tenang (tumaninah).” Ketika ruku’, Beliau (Rasulullah SAW) meletakkan kedua telapak tangan di atas lutut (HR Bukhari dari Sa’ad bin Abi Waqqash). Apa makna dan manfaatnya? Ruku’ yang dilakukan dengan tenang (tumaninah) dan maksimal, bermanfaat untuk merawat kelenturan tulang belakang yang berisi ousat dari sumsum tulang belakang (sebagai syaraf sentral manusia) beserta aliran darahnya. Ruku’ pun dapat bermanfaat memelihara kelenturan tuas sistem keringat yang terdapat di pungggung, pinggang, paha dan betis belakang.

Demikian pula tulang leher, tengkuk dan saluran syaraf memori dapat terjaga kelenturannya dengan rukuk. Kelenturan syaraf memori dapat dijaga dengan mengangkat kepala secara maksimal dengan mata mengharap ke tempat sujud.

Baca juga: Manfaat Yang Dimiliki Getah Pepaya Untuk Kecantikan

Ruku’ yang sempurna dapat di lihat jika tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Gerakan ini bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi serta fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf.

Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi untuk merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah sarana latihan bagi kantung kemih yang bermanfaat untuk mencegah gangguan prostat.

3. SAAT I’TIDAL

“Lalu bangunlah hingga engkau berdiri tegak.” Apa makna dan manfaatnya? Saat berdiri dengan mengangkat tangan, darah dari bagian kepala akan turun ke bawah, sehingga bagian pangkal otak yang berfungsi mengatur keseimbangan berkurang tekanan darahnya. Hal ini dapat menjaga syaraf keseimbangan tubuh dan berguna mencegah pingsan secara tiba-tiba .

4. SAAT SUJUD

“Selepas itu, sujudlah dengan tenang.” Apa makna dan manfaatnya? Bila dilakukan dengan benar dan agak lama, sujud dapat memaksimalkan peredaran aliran darah dan oksigen ke otak atau kepala, termasuk pula ke mata, telinga, leher, dan pundak, serta hati. Gerakan Sholat yang satu ini sangat efektif untuk membersihkan kotoran penyumbatan pembuluh darah di jantung, sehingga resiko terkena jantung koroner dapat diminimalisasi.

Baca juga: Berbagai Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Posisi gerakan sujud dalam Sholat berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan daerah yang kaya akan oksigen menjadi mengalir maksimal ke otak. Aliran darah yang kaya akan oksigen ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan sujud dengan tuma’ninah, tidak tergesa-gesa agar bagian otak tercukupi oleh darah. Posisi seperti ini mencegah seseorang dari gangguan wasir. Khusus nya bagi wanita, baik ruku’ maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

5. DUDUK DIANTARA DUA SUJUD (Awal & Akhir )

“Kemudian bangunlah hingga engkau duduk dengan tenang.” Apa makna dan manfaatnya? Duduk di antara dua sujud dapat menyeimbangkan sistem elektrik serta syaraf keseimbangan tubuh. Dan juga dapat menjaga kelenturan syaraf di bagian paha dalam, cekungan lutut, cekungan betis, sampai jari-jari kaki .

Iftirosy (tahiyat awal) dan tawarru’ (tahiyat akhir). Perbedaannya dua gerakan Sholat ini terletak pada posisi telapak kaki. pada saat iftirosy (tahiyat awal), tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan saraf nervus Ischiadius. Posisi ini dapat mencegah nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarru’ (tahiyat akhir)bermanfaat sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (uretra), kelenjar kelamin pria (prostat) dan saluran vas deferens.

Baca juga: Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Jika gerakan ini dilakukan dengan benar, posisi ini mampu mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarru’ menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

6. SAAT SALAM

Gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Gerakan salam bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala melancarkan aliran darah di kepala sehingga mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah.

Ternyata sangat banyak manfaat Sholat untuk kesehatan tubuh, maka dari itu rajin lah Sholat selain mendapatkan pahala dari Allah SWT juga dapat menyehatkan tubuh. Dan ajaklah teman-teman mu untuk menjalankan sholat, sesungguhnya apabila kamu mengajak temanmu maka kamu mendapatkan 2 kebaikan, yaitu mengajak sholat dan melaksanakan sholat. 🙂

Demikian Manfaat Besar Dari Setiap Gerakan Sholat Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat

Lihat Juga :
Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Adalah Jeruk Nipis | Hiban Amrulloh | 4.5