Manfaat dan Khasiat Temulawak Terhadap Kesehatan


Advertisement
loading...

Manfaat dan Khasiat Temulawak Terhadap Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Temulawak Terhadap Kesehatan – Kita sudah tahu, bahwa di Dunia ini banyak sekali macam-macam tanaman, sehingga kita tak hapal satu-satu. Tanaman yang berasal dari Alam biasanya kita memanggilnya dengan Tanaman Herbal bahkan apabila digunakan sebagai obat disebut dengan obat herbal atau obat alami karena tanaman tersebut ketika digunakan untuk sesuatu tidak disertai dengan bahan kimia. Dan juga ketika zaman dahulu itu memang tidak ada obat kimia, karena teknologi yang belum canggih serta orang-orang yang begitu sangat dekat dengan alam sehingga memilih untuk menggunakan Obat Alami, itu adalah pilihan yang tepat. Sehingga banyak sekali orang-orang sekarang masih percaya untuk menggunakan Tanaman Herbal untuk mengobati penyakitnya seperti mengobat anu-anu dan anu.

Diantaranya Tanaman Herbal yang sering digunakan untuk mengobati penyakit yaitu Temulawak. Temulawak adalah tanaman dari alam yang dapat ditemukan dengan mudah seperti di Pasar Swalayan. Temulawak juga sering digunakan sebagai bahan dasar untuk jamu. Temulawak yang mempunyai manfaat untuk meningkatkan nafsu makan seperti halnya minyak ikan. Selain meningkatkan nafsu makan, temulawak juga memiliki khasiat untuk mengobati penyakit hati atau liver. Bahkan menurut dr Arijanto Jonosowojo SpPD: Temlukawak merupakan obat yang sangat ampuh selain untuk mengobati hepatitis juga bisa menurunkan LDL dan meningkatkan kadar HDL didalam Tubuh.

Manfaat dan Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

Temulawak merupakan tanaman asli yang berasal dari Indonesia tercinta. Dan temulawak sering ditemukan disekitar pulau Jawa bahkan menyebar didaerah Pulau Jawa. Tanaman asli Indonesia ini juga dibudidayakan oleh negara lain seperti negara Asia Tenggara (Thailand, Malaysia, Filipina), Bahkan bangsa Asia lainnya serta eropa dan Amerika ada juga yang membudidayakan Temulawak seperti negara Jepang, India, Malaysia, Korea, Amerika, dan masih banyak lagi negara yang membudidayakan tanaman Temulawak.

Nama Temulawak adalah nama umum, maksudnya Temulawak adalah sebutan umum bagi tanaman ini, karena didaerah lain seperti Sunda, Madura dan lainnya menyebutnya dengan nama lain. Koneng Gede disebut didaerah Sunda, Temulabak disebut didaerah Madura. Perlu diketahui Temulawak memiliki nama ilmiah yaitu bernama Curcuma Xanthorrhiza. Nah mungkin kita pernah mendengar nama dari sebuah produk berasal dari Temulawak namun mengambil nama ilmiahnya yaitu Curcuma Plus. Produk ini dikhususkan untuk anak-anak yang berfungsi meningkatkan nafsu makannya.

Cara Berbudiya Temulawak

Bagi anda yang ingin berbudiaya Tanaman Temulawak ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya: Temulawak bisa tumbuh dengan baik apabila keadaan tanah yang gembur pada dataran rendah sampai 1500 meter berada diatas permukaan laut yang berhabitat di Hutan Tropis. Akan tetapi kita bisa mencobanya juga, tanamanlah temulawak dipekarangan rumah, karena hal ini juga saya pernah coba bahkan sampai sekarang saya selalu atau selalu muncul tanaman temulawak disekitar pekarangan.

Kandungan Temulawak Beserta Manfaatnya

Temulawak atau koneng mengandung kuurkuminoid yang dimana zat ini berkhasiat dalam mengobati penyakit liver beserta osteoatritis. Selain itu juga Temulawak bermanfaat dalam mengatasi penyakit rematik karena memiliki kandungan minyak atsiri. Nah dari kedua zat tadilah temulawak memiliki zat anti-oksidan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Selain itu Temulawak bermanfaat untuk anti-inflamasi, antioksidan dan analgesik.

Menurut informasi yang didapatkan kami bahwa dr Pangestu Adi yang bertugasi di FK UNAIR RSU Dr Soetomo, Surabaya yang menjadi staff senior penyakit dalam. Mengungkapkan bahwa Temulawak bisa mengatasi penyakit hati atau liver yang memiliki tingkat SGOT dan SPGT lebih dari normal selama 6 bulan lebih, dilain itu penyakit hati yang berhubungan dengan virus B&C atau B, C. Bahkan untuk mengobati penyakit hepatitis temulawak mengatasinya dengan menurunkan HDL beserta LDL.

Selain itu, Temulawak bermanfaat untuk dijadikan alat hepatoprotektor untuk melindungi liver dari efek samping penggunaan obat kolesterol yang selalu dikonsumsi dalam waktu panjang. Selain manfaat tadi diatas, manfaat temulawak untuk kesehatan lainnya masih banyak lagi hal itu terbukti pada zaman dahulu orang-orang yang ahli dalam membuat obat atau pengobatan tradisional selalu menyertakan Temulawak dalam membuat obatnya. Bilamana anda ingin membuat jamu dengan berbahan dasar temulawak. Gunakanlah panci dari bahan Tanah Liat tidak direkomendasikan menggunakan panci dari Alumunium untuk merebusnya, sebab pada Alumunium terdapat zat akitf yang apabila Temulawak direbus menggunakan Alumunium dapat mengakibatkan keracunan.

Manfaat dan Khasiat Temulawak Bagi Kesehatan

Hal itu juga didukung oleh dr Arijanto Jonowewojo, SpPD yang menjabat sebagai kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU Dr. Soetomo Surabaya mengatakan lebih baik menggunakan cara tradisional dalam mengolah Temulawak. Seperti menggunakan panci berasal dari tanah liat bukan dari Alumunium. Bahkan Temulawak dapat direbus sampai beberapa kali untuk diambil air rebusnya. Akan tetapi, hal ini tidak dianjurkan untuk mengulangnya berkali-kali, sebab hal ini berdampak pada kandungan curcurma dan minyak atsiri pada temulawak berkurang, alhasil manfaat dari Temulawak kurang didapatkan .

Nah itulah tadi pembahasan mengenai manfaat beserta khasiat temulawak, manfaat temulawak juga disebutkan dari situs luar tergi yaitu temulawak bisa digunakan untuk mencegah dan juga untuk mengobati berbagai macam penyakit lainnya seperti, pencernaan, ,lambung, sembelit, masuk angin bahkan temulawak juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di wajah.

Demikian artikel mengenai Manfaat dan Khasiat Temulawak Terhadap Kesehatan, semoga bermanfaat.

Lihat Juga :
Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Adalah Jeruk Nipis | Jadi Sehat | 4.5