Fenomena Tidur Tertindih Dan Cara Mengatasinya Secara Medis


Advertisement
loading...

Fenomena Tidur Tertindih Dan Cara Mengatasinya Secara Medis

Posisi Tidur Yang Baik Agar Tidur Tidak Tertindih – Apakah Anda sering mengalami ketindihan seperti mimpi buruk yang ditandai di sebabkan oleh ketidak mampuan untuk bergerak dan berbicara ketika terbangun dari tidur? Jika ya, mungkin sudah saatnya untuk mencari tahu cara mengatasi penyebab terjadinya sleep paralysis—karena sedikit banyak pasti mengganggu kenyamanan tidur Anda.

Sleep paralysis yang disertai halusinasi memang meresahkan, apalagi jika disertai dengan halusinasi yang menyeramkan. Bayangkan jika hal ini sering terjadi di setiap malam selama berbulan-bulan. Anda pasti merasa gelisah sebelum tidur karena memikirkan akan mengalami sleep paralysis.

Apa yang menyebabkan sleep paralys?

Bilamana anda merasakan tertindih pada saat tidur berikut ini adalah penyebabnya. Para peneliti percaya bahwa sleep paralysis disebabkan oleh terganggunya siklus REM saat tidur. Normalnya saat siklus REM (rapid eye movement) terjadi, otot-otot seolah dimatikan agar tidak bergerak ketika bermimpi. Namun pada orang yang mengalami sleep paralysis, orang ini sudah sadar atau setengah sadar sehingga menyadari bahwa dia tidak bisa bergerak.

Baca Juga :

Penyebab lain mencakup stres dan jadwal tidur yang terganggu—misalnya karena jet lag. Beberapa studi juga menemukan adanya hubungan antara gangguan kecemasan atau gangguan kepanikan dengan sleep paralysis.

Yang pasti, gangguan tidur ini dapat menyebabkan rasa gelisah serta resah karena Anda mungkin berpikir ‘Jangan-jangan malam ini saya ketindihan lagi’. Oleh karena itu, perhatikan beberapa cara mengatasi sleep paralysis berikut.

Bagaimana cara mengatasi sleep paralys atau terasa tertindih pada saat tidur?

Fenomena Tidur Tertindih Dan Cara Mengatasinya Secara Medis

1. Tidur yang rutin

Sleep paralysis sering terjadi ketika siklus REM tidak berjalan mulus, hal ini biasanya dialami oleh orang yang kurang tidur. Oleh karenanya Anda perlu tidur yang cukup dan teratur agar dapat mengurangi kemungkinan terganggunya siklus REM.

2. Tidur miring

Sekitar 60 persen kasus sleep paralysis terjadi karena orang tersebut tidur telentang. Biasakan diri untuk tidur miring.

3.  Olahraga secara teratur

Anda tidak perlu pergi ke tempat fitnes untuk berolahraga, cukup dengan olahraga ringan secara rutin. Misalnya, berjalan kaki di pagi hari sebelum berangkat kerja atau sekolah.

4. Pola makan yang baik

Jika tubuh sehat,  pola tidur pun akan membaik. Kurangi atau hindari sama sekali makanan/minuman yang mempengaruhi tidur Anda—seperti makanan dan minuman berkafein, beralkohol, atau makanan manis.

5.  Rileks

Stres dapat berpengaruh pada pola tidur, yang akhirnya berpotensi menimbulkan sleep paralysis. Ada banyak cara untuk menenangkan diri, di antaranya yaitu mendengarkan musik, bermain dengan hewan peliharaan, dan membaca buku. Cari tahu apa cara terbaik bagi Anda untuk menenangkan diri.

6. Cari bantuan

Karena sleep paralysis bisa saja diakibatkan oleh gangguan tidur lain, seperti narcolepsy, ada baiknya untuk mencari bantuan dokter jika Anda mengalaminya setidaknya sekali seminggu dan berlangsung lebih dari 6 bulan.

Apa yang Bisa Dilakukan Ketika Sleep Paralysis Terjadi?

Tips pertama

cari anggota tubuh yang bisa digerakkan (jari kaki, jari tangan, atau lidah) dan gerakkan terus menerus untuk memaksa tubuh agar sepenuhnya bangun dari tidur.

Tips kedua

berfokuslah pada gerakan mata Anda. Sleep paralysis umumnya tidak mengganggu kemampuan Anda untuk membuka mata dan melihat sekeliling. Beberapa orang mencoba menggerakan mata mereka ke depan dan belakang untuk bebas dari ketindihan dan berhasil.

Tips ketiga

cobalah untuk bernapas panjang dan dalam agar bisa lepas dari sleep paralysis.

Tips keempat

tetap tenang dan bayangkan diri Anda bisa bergerak bebas. Beberapa orang bahkan dengan sengaja memancing sleep paralysis agar bisa merasakan sensasi bergerak bebas dalam mimpi.

Terakhir

Selain keempat tips di atas, ada baiknya untuk berdoa sebelum tidur di malam hari. Dengan begitu, Anda dapat merasa lebih tenang dan bisa dengan mudah mengatasi sleep paralysis.

Lihat Juga :
Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Adalah Jeruk Nipis | Hiban Amrulloh | 4.5