Dampak Fatal Jika Menahan Bab Terlalu Lama


Advertisement
loading...

Dampak Fatal Jika Menahan Bab Terlalu Lama

Pernah merasakan ‘kebelet’ buang air besar tapi sedang berada di jalanan atau jauh dari toilet? Jika iya, apa yang akan kamu lakukan? Apabila kalian pernah mengalami hal kurang mengenakan seperti itu, hanya ada dua pilihan. Pertama mencari toilet, atau mungkin menahannya sampai pulang ke rumah.

Kebanyakan dari kita lebih memilih pilihan kedua karena pilihan pertama terlalu sulit apabila kita sedang berada di tempat yang tidak ada toiletnya.
Sayangnya menahan BAB terlalu lama justru mengundang bahaya bagi kesehatan tubuh. Dan berikut ini dampak buruknya apabila terlalu lama menahan BAB.

Baca Juga :

1. Mengganggu sistem penyerapan

Sampah di dalam tubuh jika tidak segera dikeluarkan akan menumpuk di usus besar. Usus besar yang berfungsi sebagai sistem penyerapan air menjadi terganggu karena keberadaan sampah tersebut. Selain menyerap air, usus besar akan menyerap kembali sampah yang menggumpal tadi. Bahkan termasuk menyerap racun dalam sampah tersebut.

2. BAB akan terasa menyakitkan

Setelah menemukan toilet dan melaksanakan ‘panggilan alam’, kalian justru merasa sakit pada bagian keluarnya kotoran. Hal ini bisa terjadi karena kotoran yang kalian tahan semakin mongering dan menjadi keras. Menahan BAB terlalu lama juga mengakibatkan sembelit dan hal itu akan terasa semakin menyakitkan.

3. Menyebabkan penyakit wasir

Menahan BAB juga dapat mendatangkan penyakit lainnya, yakni wasir. Kotoran yang mengeras di usus besar harus dikeluarkan dengan tenaga ekstra. Jika terlalu keras, pembuluh darah akan bengkak dan keluar dari anus. Inilah yang disebut dengan penyakit wasir.

4. Kematian

Masalah sepele seperti menahan BAB ternyata justru menimbulkan dampak yang berbahaya. Kotoran yang menumpuk di dalam saluran pembuangan akhir akan membuat usus besar menjadi bengkak. Umumnya hal ini ditandai dengan perut yang semakin membesar padahal bagian tubuh lainnya dalam kondisi normal. Apabila tidak segera ditangani dokter, orang yang bersangkutan bisa mengalami kematian.

Seseorang menahan BAB karena memiliki alasannya sendiri. Mungkin karena kondisi yang tidak memungkinkan jadi mau tak mau harus menahan ‘panggilan alam’ tersebut. Tetapi apabila memang ada toilet, segera salurkanlah hasrat tersebut daripada mengundang bahaya seperti di atas.

Itulah Dampak Buruk Menahan Bab Bagi Kesehatan yang harus kalian ketahui. Alangkah baiknya jika info ini disebarkan ke banyak orang sebagai tanda kepedulian kita terhadap seksama Semoga Bermanfaat

Lihat Juga :
Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Adalah Jeruk Nipis | Hiban Amrulloh | 4.5