Ciri Ciri Akurat Seseorang Terinfeksi HIV Atau Aids


Ciri Ciri Akurat Seseorang Terinfeksi HIV Atau Aids

Ciri Ciri Seseorang Terinfeksi HIV Atau Aids – Human Immunodeficiency Virus atau HIV merupakan virus yang menyerang kekebalan tubuh, menghancurkan sel darah putih yang berfungsi sebagai pelawan infeksi dan penyakit pada tubuh.

Pemerintah sekarang sedang gencar-gencarnya melakukan kampanye tes HIV/Aids pada semua kalangan. tapi ternyata, terdapat beberapa gejala yang bisa Anda ketahui dan bisa dijadikan pedoman bahwa sesorang terkena infeksi HIV/Aids.

Karena gejala awal penyakit HIV/Aids ini sama seperti penyakit biasa pada umumnya, banyak orang yang tidak tahu bahwa dirinya terjangkit penyakit ini.

Baca Juga :

Dalam fase pertama atau sekita 1 sampai 2 bulan sesudah virus HIV/Aids memasuki tubuh sekitar 40 sampai 90 persen penderitanya mengalami gejala seperti flu atau dikenal sebagai sindrom retroviral akut (ARS). Tetapi pada sebagian kasus gejala penyakit HIV/Aids ini tidak akan muncul selama beberapa tahun.

Ciri Ciri Seseorang Terinfeksi HIV Atau Aids

Ciri Ciri Akurat Seseorang Terinfeksi HIV Atau AidsBerikut adalah tanda-tanda seseorang terinfeksi HIV/Aids :

1. Demam

Gejala ARS salah satunya adalah demam sekitar 37 sampai dengan 39 derajat. Selain demam juga sering disertai dengan gejala seperti kelelahan, sakit tenggorokan, dan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Baca juga: HIV Dan Aids Bisa Disembuhkan Dengan Bahan Alami

2. Kelelahan

Virus HIV/Aids dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun, dan akibatnya penderitanya sering mengalami kelelahan

3. Pegal, nyeri otot dan sendi

Gejala awal ARS sangat sama dengan gejala pada penyakit flu, mononucleosis, bahkan sifilis atau hepatitis. Hal ini memang sudah tidak aneh lagi. Banyak gejala penyakit yang mirip bahkan sama, termasuk nyeri pada persendian dan nyeri otot.

4. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Penderita HIV/Aids biasanya sering terkena infeksi dan mudah sakit, salah satunya pada Kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh dan akan meradang bila ada infeksi. Kelenjar getah bening terdapat pada pangkal paha leher ketiak, dan lain-lain.

5. Sakit kepala dan tenggorokkan

Sama seperti gejala sakit pada umumnya tanda tanda ARS adalah sakit pada tenggorokan hingga pusing kepala.

6. Ruam kulit

Ruam kulit biasanya terjadi pada tahap awal setelah penderita terjangkit virus ini, sekitar 1 atau 2 bulan pertama.

7. Mual Muntah dan Diare

Mual muntah dan diare memang sering terjadi pada penyakit umum seperti flu dll, jika gejala ini sering terjadi segera periksakan ke dokter untuk melakukan tes HIV/Aids

8. Penurunan Berat Badan

Karena seseorang yang menderita HIV/Aids sistem kekebalan tubuhnya menurun, maka akan terjadi penurunan berat badan yang drastis.

9. Batuk kering

Batuk kering bisa menjadi tanda pertama seseorang terkena infeksi HIV/Aids. Batuk pada penderita HIV/Aids bisa terjadi selama 1 tahun dan akan terus bertambah parah.

10. Radang paru-paru (Pneumonia)

Radang paru-paru sering terjadi ketika akan memasuki musim hujan dan menyerang orang yang sistem kekebalan tubuhnya kurang sehat. Tetapi pada penderita HIV/Aids kuman yang menyebabkan radang paru-paru akan susah untuk disembuhkan karena sistem kekebalan tubuh penderita HIV/Aids melemah.

11. Berkeringat di malam hari

Beberapa penderita HIV/Aids akan berkeringat pada malam hari meskipun seseorang itu tidak melakukan aktifitas apapun.

12. Perubahan pada kuku

Tanda-tanda umum pada pasien HIV stadium lanjut adalah kuku yang berwarna kuning atau coklat, dan retak dan mudah terkelupas. Pada kondisi ini penderita HIV/Aids akan mudah terserang penyakit jamur kuku yang biasanya dapat sembuh dengan sendirinya pada orang yang sehat.

13. Infeksi jamur

Infeksi jamur yang umumnya terjadi pada HIV/Aids tahap lanjut disebabkan oleh virus candida. infeksi mulut yang disebabkan oleh Candida, cenderung muncul di rongga mulut atau kerongkongan, sehingga akan sulit untuk menelan.

14. Bingung dan sulit berkonsentrasi

Penderita HIV/Aids biasanya akan sangat sulit untuk berkonsentrasi dan sering melamun seperti orang kebingungan, juga Penderita HIV/Aids tidak bisa mengontrol emosi mereka dan mudah marah, gejala ini semakin parah jika sudah stadium lanjut.
Bahkan mungkin terjadi perubahan motorik seperti, ceroboh, kurangnya koordinasi, dan mengalami masalah dengan pekerjaan yang membutuhkan sistem motorik seperti menulis.

15. Herpes di mulut dan kelamin

Jika Anda mengalami herpes di mulut bersamaan dengan gejala-gejala lain, terutama jika Anda tidak sering terkena sariawan, ini mungkin merupakan tanda infeksi HIV primer. Herpes di alat kelamin juga merupakan indikasi adanya HIV.

16. Kesemutan

Tahap akhir dari virus HIV/Adis juga dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki. Hal ini disebut juga neuropati perifer, yang juga terjadi pada orang yang menderita penyakit diabetes. Hal ini juga dapat di indikasikan sebagai tanda dari kerusakan pada saraf.

17. Menstruasi tidak teratur

Pada Wanita gejala tahap akhir dari virus HIV/Aids adalah menstruasi yang tidak teratur yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada rahim, selain menstruasi yang tidak teratur Wanita penderita HIV/Aids juga akan mengalami penurunan berat badan drastis.

Infeksi pada virus HIV/Aids juga dikaitkan dengan usia menopause yang lebih dini, yaitu sekitar 47-48 tahun bagi perempuan yang terinfeksi HIV dibandingkan dengan perempuan yang tidak terinfeksi sekitar usia 49-51 tahun.

Itulah Ciri Ciri Akurat Seseorang Terinfeksi HIV Atau Aids yang harus kalian ketahui. Alangkah baiknya jika info ini disebarkan ke banyak orang sebagai tanda kepedulian kita terhadap seksama Semoga Bermanfaat 🙂

Demikian artikel mengenai Ciri Ciri Akurat Seseorang Terinfeksi HIV Atau Aids, semoga bermanfaat.

Lihat Juga :
Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Adalah Jeruk Nipis | Hiban Amrulloh | 4.5