Cara Sehat Memakan Makanan Gorengan


Cara Sehat Memakan Makanan Gorengan

Gorengan sudah menjadi jajanan yang ‘wajib’ bagi masyarakat Indonesia. Banyak sekali dari anak kecil sampai orang dewasa yang menyukai jajanan ini. Akan tetapi saat akan menkonsumsi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terutama jika jajanan yang satu ini akan diberikan kepada Anak Anda.

Berikut adalah Cara Sehat Memakan Makanan Gorengan  yang harus kalian ketahui:Cara Sehat Memakan Makanan Gorengan

1. Prinsip Beli Gorengan

Perhatikanlah ke higienisan pada saat proses pembuatan makanan ini ditempat penjualnya. Makanan terutama gorengan yang disajikan di pinggir jalan beresiko terkontaminasi polusi dari asap kendaraan yang lewat. Debu-debu dari jalanan tentunya akan menempel pada makanan.
Kesimpulannya yaitu adalah kebersihan.

2. Pastikan Anda Percaya Pada Pedagang Gorengan Favorit Anda

Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar bahwa ada kabar yang menyebutkan akan adanya beberapa oknum pedagang gorengan nakal yang mencampur minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng makanan dengan plastik. Hal ini bertujuan untuk membuat gorengan pada saat dimakan menjadi lebih renyah dan enak. Akan tetapi, tentunya hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.
Plastik mengandung zat bernama melamin yang tidak boleh dikonsumsi oleh manusia. Konsumsi melamin dapat menyebabkan pembentukan Kristal-kristal di ginjal yang dapat menyebabkan penyakit batu saluran kemih atau batu ginjal yang dapat berlanjut menjadi gagal ginjal hingga kematian.

Baca Juga :

3. Jika Anda Memiliki Riwayat Kolesterol, Jangan Makan Gorengan

Minyak yang sudah berkali-kali digunakan untuk menggoreng gorengan menyebabkan tingginya kadar kolesterol pada makanan tersebut. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit kolesterol sangat tidak disarankan untuk menkonsumi jajanan yang satu ini.
Boleh jadi minyak goreng yang dipakai penjual diklaim pada program iklannya tanpa kolesterol, walau memang benar adanya, namun ironisnya kolesterol itu justru bentukan kemudiannya minyak goreng yang disantap setelah melalui proses pencernaan di tubuh kita.
Kesimpulannya, batasi makan gorengan Anda. Tapi lain halnya jika Anda sedang usaha menurunkan berat badan. Berikut ini ada trik aman makan gorengan buat yang sedang berdiet.

4. Jika Anda Sedang Diet, Jangan Makan Gorengan

Minyak yang digunakan besar potensinya mudah menimbun menjadi lemak di tubuh. Dengan demikian Anda akan semakin kesulitan menurunkan berat badan jika kudapan selingan Anda masih ditemani gorengan nikmat nan berminyak.

Nah, jangan coba-coba sentuh gorengan jika Anda sedang program menurunkan berat badan. Namun jika memang terpaksa, cobalah mengkompensasikannya dengan meningkatkan aktivitas olahraga cardio, seperti jogging, lari, berenang dan lainnya.

5. Jika Gorengan adalah Kesukaan Anda Kurangi Rokok, Kopi dan Mulai Giatlah Berolahraga

Konon katanya teman gorengan paling sedap adalah rokok dan kopi. Tapi ironisnya, konsekuensinya tidak sesedap rasanya. Pasalnya gorengan yang memiliki kadar minyak dan berisiko menjadi kolesterol di dalam tubuh sudah menjadi potensi risiko penyumbatan pembuluh darah.

Jika Anda mengkombinasikan rokok dan kopi, maka lengkaplah risiko penyumbatan lebih mudah terjadi. Rokok dikenal sebagai pencetus kerusakan dinding pembuluh darah yang memudahkan terjadinya penyumbatan di kemudian waktu, sementara kopi yang mencetus peningkatan tekanan darah lebih lanjut.

Dengan berolahraga, Anda dapat mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah. Selain itu lemak yang tertimbun menjadi berkurang karena pembakaran kalori yang didapat dari peningkatan aktivitas latihan dan olahraga yang ada dari olahraga.

Itulah Cara Sehat Memakan Makanan Gorengan yang harus kalian ketahui. Alangkah baiknya jika info ini disebarkan ke banyak orang sebagai tanda kepedulian kita terhadap seksama Semoga Bermanfaat

Lihat Juga :
Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Adalah Jeruk Nipis | Hiban Amrulloh | 4.5