Cara Mengatasi Kram Kaki Bagi Ibu Yang Sedang Hamil


Cara Mengatasi Kram Kaki Bagi Ibu Yang Sedang Hamil

Cara Mengatasi Kram Ibu Hamil –  Keluhan paling umum yang terjadi saat hamil adalah kram kaki, kondisi ini memang kerap ditemui khususnya pada siang hari saat Anda melakukan aktifitas. Kram kaki tentunya sangat mengganggu aktivitas anda, tentunya kram kaki sangat lebih mengganggu dikala terjadi pada malam hari dimana waktunya Anda untuk beristirahat.

Kenapa kram kaki bisa terjadi saat hamil?

Kram kaki saat hamil terjadi pada kaki yang kelelahan karena membawa beban berat dari hari ke hari selama kehamilan.

Di sisi lain, kram kaki saat hamil bisa juga terjadi karena kondisi perut yang semakin membesar saat hamil dan menekan pembuluh darah yang mengarah balik ke jantung serta saraf yang berada di dekatnya.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Kram Ibu Hamil

Cara Mengatasi Kram Kaki Bagi Ibu Yang Sedang Hamil
Tapi jangan khawatir, bagi Anda ibu yang sedang mengandung, jadisehat.net punya beberapa tips untuk mengatasi terjadinya kram kaki saat hamil, berikut dibawah ini:

1. Banyak minum air putih untuk menjaga kecukupan cairan dalam tubuh selama hamil dan untuk menghindari dehidrasi.

2. Untuk melemaskan otot Anda, disarankan untuk mandi dengan air hangat sebelum tidur.

3. Hindari berdiri atau duduk dengan kaki menyilang dalam jangka waktu yang panjang.

4. Biasakan untuk berolahraga dengan cara berjalan santai setiap hari minimal 100 langkah, tapi jika Anda memiliki keadaan khusus sebaiknya jangan lakukan tips ini.

5. Regangkanlah kaki Anda setiap hari saat siang hari atau saat Anda akan tidur.

6. Saat duduk, makan, ataupun saat menonton telivisi lakukan gerakan berputar pada tumit dan jari-jari kaki Anda.

7. Saat beristirahat, miringkan posisi badan Anda ke kiri untuk melancarkan peredaran darah balik ke jantung, Sebisa mungkin hindari kegiatan yang terlalu menguras tenaga Anda.

Beberapa sumber menganjurkan untuk menkonsumsi magnesium, magnesium berguna untuk membantu mengurangi kemungkinan akan terjadinya kram pada kaki saat hamil.

Akan tetapi, sumber lain mengatakan bahwa suplemen magnesium tidak terbukti secara signifikan untuk mengurangi terjadinya kram pada kaki saat hamil.
Ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke bidan atau dokter kandungan Anda sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen magnesium.

Bagi Anda yang sedang hamil, disarankan untuk menkonsumsi suplemen kalsium agar membantu memenuhi kebutuhan kalsium selama masa kehamilan.

Namun, meskipun Anda mengonsumsi suplemen penambah kalsium, ternyata belum ada bukti ilmiah yang dapat membuktikan bahwa kalsium dapat mengurangi resiko terjadinya kram kaki saat hamil. Bahkan penelitian yang ditujukan untuk membandingkan antara ibu hamil yang mengonsumsi kalsium dan tidak mengonsumsi kalsium, tidak ada perbedaan terkait kejadian kram kaki saat hamil pada kedua kelompok tersebut.

Cara Mengatasi Kram Bagi Yang Sedang Hamil

Jika sudah terlanjur mengalami kram kaki, ini solusinya.

Segera lakukan peregangan pada bagian otot yang kram, luruskan kaki dan tumit terlebih dahulu, kemudian tekuk jari-jari kaki anda ke arah punggung kaki sampai Anda tidak merasa kram lagi.

Saat Anda melakukan tips ini, mungkin akan terasa sedikit sakit karena belum terbiasa. Bagi Anda yang pertama kali melakukan tips ini disarankan untuk melakukannya secara perlahan.

Jika kram pada kaki tidak kunjung hilang, ini solusinya?

Bila kram pada kaki Anda tidak kunjung hilang dan terus terjadi secara terus menerus dan apabila timbul bengkak, kemerahan, nyeri atau terasa panas dibagian kaki yang kram, segeralah berkonsultasi ke dokter kandungan. Kemungkinan gejala ini terjadi dikarenakan adanya penggumpalan darah di kaki Anda

Itulah Cara Mengatasi Kram Kaki Bagi Ibu Yang Sedang Hamil yang harus kalian ketahui. Alangkah baiknya jika info ini disebarkan ke banyak orang sebagai tanda kepedulian kita terhadap seksama Semoga Bermanfaat 🙂

Demikian artikel Cara Mengatasi Kram Kaki Bagi Ibu Yang Sedang Hamil, semoga bermanfaat.

Lihat Juga :
Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Adalah Jeruk Nipis | Hiban Amrulloh | 4.5