Cara Efektif Olahraga Yang Tepat Untuk Lansia


Cara Efektif Olahraga Yang Tepat Untuk Lansia

Manfaat berolahraga tentunya tidak hanya dirasakan bagi yang masih muda, para lansia juga dapat merasakan manfaat dari olahraga pada usia yang sudah tidak muda lagi. menurut WHO (World Health Organization), penelitian menunjukan bahwa pada pria atau wanita yang sudah lanjut usia, apabila berolahraga secara aktif, akan sangat bermanfaat bagi tubuh mereka.

Tentunya olahraga untuk lansia bukanlah jenis olahraga yang berat, lantas bagaimana tips agar olahraga tetap nyaman untuk lansia?

Olahraga yang dapat dilakukan oleh lansia harusnya adalah olahraga yang menyenangkan seperti berjalan, menari, berkebun, atau berenang, bisa juga melakukan olahraga yang diselingi kegiatan ber rekreasi seperti bersepeda.

Baca Juga :

Melakukan olahraga secara rutin khususnya bagi Anda yang berusia lanjut tentunya menghasilkan manfaat yang baik bagi tubuh Anda, manfaat berolahraga pada usia lanjut yakni:

Menurunya  resiko penyakit seperti jantung koronrer, hipertensi, stroke, dibetes melitus, dan kanker payudara. selain manfaat tersebut ternyata. Tubuh lansia yang aktif berolahraga menunjukan tanda-tanda adanya perbaikan komposisi pada tubuh, serta massa tubuh kembali menjadi ideal. manfaat lainya yaitu terhindar dari resiko penyakit kariovaskular, biabetes melitus, dan perbaikan pada tulang.

Trik Olahraga yang Tepat, Nyaman dan Menyenangkan Untuk Para Lansia

 Cara Efektif Olahraga Yang Tepat Untuk Lansia

Bagi Anda yang berusia lanjut, dianjurkan untuk melakukan olahraga jenis aerobik, seperti berjalan, berdansa, bersepeda, tenis, ataupun bermain voli paling tidak selama 150 menit dengan intensitas ringan-sedang.

Olahraga dengan intensitas sedang-berat juga sangat penting, contohnya adalah senam aerobik, berenang, bermain sepakbola hingga berlatih bela diri. Lakukanlah olahraga ini minimal 75 menit dalam seminggu.

Untuk lebih mengoptimalkan kesehatan, disarankan bagi pata lansia untuk menambah durasi olahraga aerobik diatas menjadi 300 menit dengan intensutas ringan-sedang dalam seminggu, 150 menit untuk intensitas sedang berat.

Bagi Anda para lansia yang bermasalah dengan mobilitas, diajurkan untuk melakukan olahraga yang memiliki manfaat untuk memperbaiki keseimbanyak minimal 3 hari atau lebih dalam waktu seminggu.
Bila memungkinkan, lakukanlah jenis olahraga yang melatih kekuatan otot seperti yoga, push up/sit up, minimal 2 hari dalam kurun waktu seminggu.

Disarankan untuk tidak memaksakan diri saat melakukan olahraga, beristirahatlah saat Anda mulai merasa kelelahan.

yang paling penting untuk para lansia, agar selalu memeriksa kondisi tubuh Anda terlebih dahulu sebelum mulai berolahraga. Carilah jenis olahraga ayng tepat untuk kondisi tubuh Anda.

Itulah Cara Efektif Olahraga Yang Tepat Untuk Lansia yang harus kalian ketahui. Alangkah baiknya jika info ini disebarkan ke banyak orang sebagai tanda kepedulian kita terhadap seksama Semoga Bermanfaat 🙂

Lihat Juga :
Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Adalah Jeruk Nipis | Hiban Amrulloh | 4.5