Adab Buang Hajat Dalam Islam Dan Ilmu Kesehatan


Advertisement
loading...

Adab Buang Hajat Dalam Islam Dan Ilmu Kesehatan

Adab Buang Hajat  atau Adab Buang Air Besar – Banyak sekali orang bab tidak dengan jongkok di karenakan perkembangan zaman yang membuat perubahan dari setiap tahunnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mencontohkan dari setiap adab yang patut kita contoh menjadi panutan hidup yang baik untuk umatnya khususnya dalam adab membuang hajat besar atau kecil ini.

Lalu posisi apa yang baik untuk buang hajat besar atau kecil…??

Adab yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan pada saat Buang Hajat

Baca Juga :

Aisyah berkata, “Barangsiapa yang menceritakan kepada kalian bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam buang air kecil sambil berdiri, maka janganlah kalian percaya. Beliau tidak pernah buang air kecil kecuali sambil duduk.” (HR. at-Tirmidzi).“sambil duduk, ”Adab Buang Hajat Dalam Islam Dan Ilmu Kesehatan

maksudnya dalam pemahaman itu yakni dengan jongkok.  jongkoknya nabi pada saatbuang air kecil ini,  tidak terlepas dari kondisi jaman itu dan dari pakaian yang ia gunakan.  pada jaman nabi,  toilet terletak di dalam tanah yang ditutup dengan besi berlubang. walau buang air kecil dengan jongkok lebih baik, akan tetapi pada prinsipnya ialah bagaimana cara agar tidak terkena najis. kita diperbolehkan buang air kecil sembari berdiri dengan ketentuan badan dan pakaiannya  aman dari percikan air buang air kecil dan aman dari tatapan orang lain . Terutama kalau hal tersebut (berdiri) sangat dibutuhkan karena sempitnya pakaian atau karena ada penyakit di tubuh kita, namun hukumnya makruh kalau tidak ada kebutuhan.

Apa manfaat Buang Air Besar (BAB)atau kecil Sambil Jongkok…??

Secara medis dari hasil riset yang mereka lakukan, dari buang air besar (BAB) dengan posisi jongkok dapat menghindarkan terjadinya kanker usus besar. Saat posisi duduk, usus bagian bawah akan tertekuk sehingga proses pembuangan tidak dapat berlangsung efektif dengan sempurna tanpa bantuan mengejan yang anda lakukan. Pada dasarnya, dari mengejan sambil menahan napas akan meningkatkan tekanan dalam usus bagian bawah serta menyebabkan regangan dan pembengkakan pembuluh darah yang dapat membentuk wasir, terutama jika kebiasaan tersebut dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama

Melakukan BAB dengan cara jongkok, ternyata hal tersebut posisi alami yang sehat dan akan mengurangi tekanan pada bokong. Ender menjelaskan bahwa 1,2 milyar orang diseluruh dunia yang melakukan BAB jongkok hidup lebih sehat karena hampir tidak memiliki riwayat penyakit pencernaan diversikular dan lebih sedikit menderita wasir.

Baca juga: Dampak Fatal Jika Menahan Bab Terlalu Lama

Demikian artikel mengenai Adab Buang Hajat Dalam Islam Dan Ilmu Kesehatan, semoga bermanfaat.

Lihat Juga :
Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Adalah Jeruk Nipis | Hiban Amrulloh | 4.5