6 Cara Menangani Hidung Bayi Tersumbat Dengan Aman Dan Nyaman


Advertisement
loading...

6 Cara Menangani Hidung Bayi Tersumbat Dengan Aman Dan Nyaman

Pada saat terjadinya terkena pilek bayi buah hati kita terkadang ia enggan untuk menyusu pada ibunya,pada dasarnya jika anak bayi tersebut terkena pilek membuat nya susak akan bernafas melalui hidung dan dan terpaksa bernafas melalui hidung dan membuat si anak selalu mangap jika ia ingin bernafas

Dari gangguan pilek bayi tersebut tentunya dapat hilang dalam 2 minggu, sebelum ia bisa mengeluarkanya tentunya kita membantunya akan cara mengeluarkanya dengan aman dan efektif cara penangananya agar si bayi dapat bernafas dengan hidung secara normal, lalu bagaimana cara kita membantu bayi agar terhidar dari pilek yang mengganggunya??

Berikut ini adalah cara 6 Cara Menangani Hidung Bayi Tersumbat Dengan Aman Dan Nyaman:

 6 Cara Menangani Hidung Bayi Tersumbat Dengan Aman Dan Nyaman

1. Dengan cara pemberian obat tetes hidung

Belilah dengan metode obat semprot hidung yang akan  kandungan larutan garam di dalamnya yang diformulasikan secara khusus di apotek yang sudah di sediakan.
Cara pengunaanya dengan cara ini  adalah dengan memegang bayi dalam posisi tegak lurus, lalu berikan 2 atau 3 tetes obat tersebut pada masing-masing dari lubang hidung yang tersumbat.
Baringkan bayi kurang lebih selama satu menit dengan posisi kepala lebih rendah daripada tubuh anak bayi tersebut. Posisi ini dapat membuat larutan garam tersebut masuk mengencerkan dari lendir/ingus yang kental yang mengganggunya.
apabila dari lendir/ingus sudah encer, kalian dapat menarik ingus dengan aspirator hidung. Ingatlah akan tidak memasukkan alat dari aspirator hidung terlalu dalam dalam prosesnya. Lakukan 2 atau 3 kali dalam penggunaanya ke dalam setiap lubang hidung si bayi atau sesering anak memerlukan pengisapan ingus tersebut.
yang harus kalian ketahui akan Jangan lupa untuk membersihkan dari  ujung semprotan hidung setelah usai pengunaanya kepada bayi kalian.

Baca Juga :

Dari obat tetes larutan garam ini juga bisa kalian buat sendiri di rumah dengan mudah dengan mencampurkan garam sebanyak seperempat sendok teh ke dalam gelas yang berisi 240 ml air hangat yang kalian siapkan. Lalu, kalian bisa memasukkan ke dalam tempat atua bottol yang sudah dibersihkan yang sudah kalian jamin kebersihanya.

2. Menggunakan metode mengencerkan lendir dengan uap air hangat

Dari hasil uap air dapat membuka saluran pernapasan yang tersumbat tersebut dan membantu akan mengencerkan serta mengalirkan lendir/ingus ke luar dengan mudah. diantara salah satu cara memberikan uap hangat kepada bayi kalian ialah dengan membawa bayi ke kamar mandi, lalu kran pancuran air hangat dibuka di biarkan mengalir, kemudian tutup rapat pintu kamar mandi kalian selama beberapa menit.

3. Memanfaatkan vaporizer atau humidifier

Vaporizer atau humidifier bisa kalian letakan di kamar Si Kecil untuk menambah kelembapan udara di kamar tersebut. dari cara tersebut dapat membatu mengencerkan lendir si bayi.

Akantetapi, jangan lupa untuk rutin akan membersihkan alat tersebut untuk mencegah terjadinya pertumbuhan jamur di dalamnya.

4. Dengan cara tepuk-tepuk bagian punggung bayi secara perlahan.

Dari cara tersebut membantu mengeluarkan dahak si bayi yang bersarang di dalam dada sehingga akan lebih mudah bagi bayi untuk membatukkannya keluar dengan cepat.

5. Mencoba menjemur bayi di pagi hari.

Dari cara menjemur bayi kalian pada saat pagi hari di bawah sinar matahari akan membuat lendir menjadi encer.

6. Bersihkan lendir walaupun sudah kering

Apabila ada lendir/ingus yang mengering di bagian daerah hidung, kalian dapat membantu membersihkannya dengan menggunakan kain lebut atau handuk tangan yang diberikan air hangat lalu bersihkan secara perlahan dan  lembut.

Dan yang  perlu kalian ingat, kalian harus segera menghubungi dokter atau dokter spesialis anak yang kalian percayai jika terjadinya gejala hidung tersumbat pada bayi berkembang menjadi:

  • Demam
  • Timbul ruam di tubuh
  • Hidung tersumbat tidak sembuh dalam waktu 2 minggu
  • Bayi terlihat susah untuk bernapas atau bernapas terlalu cepat
  • Bayi susah untuk menyusu

Itulah 6 Cara Menangani Hidung Bayi Tersumbat Dengan Aman Dan Nyaman yang harus kalian ketahui. Alangkah baiknya jika info ini disebarkan ke banyak orang sebagai tanda kepedulian kita terhadap seksama Semoga Bermanfaat

loading...
Lihat Juga :
Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat Dengan Efektif | Hiban Amrulloh | 4.5